BUDIDAYA TANAMAN ANTHURIUM



( VERSI INDONESIA )

ANTHURIUM adalah tanaman hias tropis, memiliki daya tarik tinggi sebagai penghias ruangan, karena bentuk daun dan bunga nya yang indah , Anthurium yang berdaun indah adalah asli Indonesia, sedangkan yang untuk daun potong berasal dari Eropa.

Di Indonesia tidak kurang terdapat 7 jenis anthurium, yaitu Anthurium crystalinum ( kuping gajah ), Anthurium pedatoradiatum ( Wali songo ), Anthurium andreanum, Anthurium rafidooa, anthurium hibridum ( lidah gajah ), anthurium makrolobum dan anthurium scherzerianum.

PERBANYAKAN

Anthurium dapat diperbanyak dengan cara yaitu, generatif ( biji ) dan vegetatif ( stek ).

1. perbanyakan dengan cara generatif biji tanaman anthuriun memiliki 2 macam bunga yaitu bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan ditandai oleh adanya benang sari, sedangkan bunga betina ditandai oleh adanya lendir. Biji diperoleh dengan menyilangkan bunga jantan dan bunga betina.

Dengan menggunakan jentik, bunga sari di ambil dan dioleskan samapai rata di bagian lendir pada bunga betina. Sekitar dua bulan kemudian bunga yang di hasilkan sudah masak, didalam nya banyak biji anthurium. Biji tersebut di kupas, di cuci sampai bersih dan di angin kan, kemudian di tabur pada medium tanah halus. Bibit yang sudah kita buat di tempatkan pada kondisi lembab dan selalu disiram.

2. perbanyakan dengan cara vegetatif, yaitu stek batang dan stek mata tunas.

Cara perbanyakan dengan stek batang adalah memotong bagian atas tanaman ( batang ) dengan menyertakan 1-3 akar, bagian atas tanaman yang sudah dipotong kemudian ditanam pada medium tumbuh yang telah disiapkan. Sebaliknya perbanyakan dengan mata tunas adalah mengambil satu mata pada cabang, kemudian menanam mata tunas pada medium tumbuh yang telah disiapkan.

Berdasarkan kegunaannya, medium tumbuh dibagi menjadi 2 macam, yaitu medium tumbuh untuk persemian dan untuk tanaman dewasa.

1 Response to "BUDIDAYA TANAMAN ANTHURIUM"

  1. info bagus niy....
    mamaku suka banget sm bunga ini...
    makasih infonya sob....^^

    BalasHapus